BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
B.
Kemajuan teknologi pada Era Globalisasi saat ini sudah sangat
berkembang pesat, kebutuhan akan teknologi computer sudah menjadi kebutuhan
bagi orang banyak, karena akan sangat
membantu efisiensi dan efektivitas kegiatan hidup manusia, terutama pada
kalangan eksekutif. Komputera dalah suatu alat elektronika yang mempunyai
kemampuan untuk melakukan perhitungan dan membuat keputusan logika dengan waktu
yang jauh lebih cepat dari yang dapatdilakukan manusia.
C.
Teknologi
komputer yang kita kena ltidak terlepas dari dua komponen yaitu : hardware (perangkatkeras) dan software (perangkatlunak) yang saling
berkaitan dan mendukung satu sama lain. “Kompute rmemproses data dengan menggunakan kendali dari sekumpulan instruksi
yang disebut dengan program komputer.Program computer ini memandu kerja dari
komputer yang secara berstruktur yang disusun oleh orang yang disebut
programmer.Berbagai peralatan terdapat di dalam suatu system komputer yang
disebut dengan perangkat keras( hardware atau sering disingkat h/w), di
antaranya adalah keyboard, monitor, disk, memory, dan CPU. Sedangkan program
untuk menjalankan suatu computer disebut perangkat lunak (software atau
disingkat s/w).dengan demikian system computer terdiri dari perangkat keras dan
perangkat lunak serta manusia yang mengoperasikan maupun yang memprogramnya
(brainware atau sering disingkat b/w)”(Julio,
2011)
Komponen
hardware (perangkatkeras) dalam system computer meliputi, input divice (unit
masukan), process device (unit proses), output device (unit keluaran), backing
storage (unit penyimpanan), peripheral (unit tambahan) (VICKY,
2011).Selanjutnya akan
diuraikan lebih lanjut dalam pembahasan pada makalah ini.
D.
Rumusan Masalah
1.
Apakah definisi hardware?
2.
Apa komponen yang terdapat pada hardware?
3.
Bagaimana fungsi komponen hardware?
E.
Pembatasan
Masalah
Pembahasan dalam makalah ini akan dibatasi pada pokok
bahasan:
1.
Definisi hardware
2.
Komponen hardware
3.
Fungsi komponen hardware
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Perangkat
keras komputer
adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan
data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan
dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
B.
Komponen
Hardware
Secara fisik, Komputer terdiri
dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah
komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila
salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya
proses-proses yang ada pada komputer dengan baik. Komponen komputer ini
termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi : Input divice (unit
masukan); Process device (unit Pemrosesan); Output device (unit keluaran); Backing
Storage ( unit penyimpanan); dan Periferal ( unit tambahan). (Perangkat Keras, 2012)
C. Fungsi Komponen Hardware
1.
Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan
mouse. Keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain
games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar
sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan
menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer. (worldpress.com.id, 2012)
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat
berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang
dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk
program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device
selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan
program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua
yaitu :
·
Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses
oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen,
digitizer graphics tablet, scanner.
·
Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum
suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket,
harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari
beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting
dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user
(pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti
menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari
model mesin ketik yang diciptakan dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada
tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.
Keyboard QWERTY
|
Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device).
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat.
Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan
GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device
mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran
atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya
hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.
Perangkat Mouse & Mouse Wireless
|
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada
laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini
dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad ada model unit
masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
Touch Pad Touch Pad Track Ball Pointing Stick
d. Light Pen
Perangkat Light Pen
|
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games)
komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya
berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode Reader 1
|
Barcode
|
g. Scanner
Scanner
|
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang
biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang
biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian
Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang
dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner
untuk mengcopy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas
OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam
bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan
teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin
scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti
formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab
menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen
dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Kamera
Digital
|
i. Mikropon dan Headphone
Headphone
|
j. Graphics Pads
Graphics
Pads
|
2.
Process device (unit Pemrosesan)
Unit
pemrosesan atau CPU (Central Processing Unit) merupakan alat atau unit
terpenting dalam sistem komputer. Tugas utamanya adalah mengontrol keseluruhan
sistem komputer selama pengolahan data berlangsung. CPU merupakan tempat
pemroses instruksi-instruksi program yang pada komputer mikro disebut
microprocessor, pemroses ini terdiri dari ribuan dan jutaan IC. CPU terdiri
dari 2 bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan
logika (ALU). (hardware komputer, 2012)
a. Power Supplay
Power
Supplay
|
RAM (Random Access Memory)
|
c. Kartu grafis
Kartu
grafis
|
Prosesor
|
e. Motherboard
Motherboard
|
3.
Output device ( Unit keluaran )
Alat
yang menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan CPU.
a.
Monitor
Monitor Layar Cembung
|
Monitor Layar Datar
|
b.
Printer
Printer
|
c.
Speaker
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Secara garis besar, Unit
penyimpanan dapat dikelompokkan cara kerjanya berdasarkan cara kerjanya, dengan
cara ini ada tiga kelompok perangkat penyimpanan (backing storage, 2010) , yaitu:
a. Perangkat simpan SASD
SASD (sequental access storage device) merupakan perangkat
simpan yang bekerja secara sekuensial. Perangkat simpanan ini bekerja dengan
cara membaca atau menulis data secara urut dari awal sampai akhir tanpa ada
kemungkinan meloncat atau melewati bagian tertentu. Contoh perangkat simpan ini
adalah kaset atau magnetic tape.
Perangkat simpan ini relatif lambat tetapi harganya
murah. Perangkat simpan SASD biasanya digunakan untuk membuat cadangan (back up)
data dan program karena untuk membuat data cadangan tidak diperlukan kecepatan
tinggi
b. Perangkat Simpan DASD
DASD (direct access storage device) merupakan
perangkat simpan yang bekerja dengan cara langsung. Perangkat tersebut dapat
membaca atau menulis langsung di tempat yang diperlukan. Contoh perangkat ini
adalah disket, disk (CD/DVD, optical disk), harddisk, dan Zip disk.
Keuntungan dari media DASD adalah kejanya cepat,
tetapi kelemahannya adalah harganya kadang-kadang masih terhitung mahal,
terutama bila diperhitungkan alat pembaca dan penulisnya.
c. Perangkat Simpan Flash
Perangkat simpan flash adalah perangkat berbentuk
kepingan memori, sehingga tidak memerlukan gerakan fisik. Karena tidak
memerlukan gerakan fisik, perangkat ini dapat membaca dan menulis data dengan
cepat. Itulah sebabnya perangkat ini disebut flash karena dapat dianggap
bekerja secepat kilat.
Bahkan dibanding jenis perangkat simpan yang lain, perangkat simpan ini
bentuk semakin kecil dan bobotnya semakin ringan. Bahkan pada beberapa merk,
kegunaannya bisa ditambah lagi tidak hanya sekedar menyimpan data, tetapi juga
dapat menjadi pemutar lagu-lagu berbentuk MP3.
5. Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam
unit tambahan atau periferal antara lain:
a.
Modem
Modem
|
b.
kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah
suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan
merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari
komputer. Namun sekarang, sound card
adalah
perangkat wajib di setiap komputer. (Pengertian Sound Card, 2012)
Dilihat dari cara pemasangannya,
sound card dibagi 3:
·
Sound Card
Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
·
Sound Card
Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard.
Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
·
Soundcard
External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui
port eksternal, seperti USB atau FireWire
BAB III
SIMPULAN
Berdasarkan
uraian materi yang terdapat dalam bab pembahasan, dapat diambil kesimpulan:
1.
Perangkat keras komputer (hardware)
merupakan salah satu
komponen dari sebuah komputer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara
langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses
komputerisasi
2.
Hardware memiliki beberapa komponen yang terbagi berdasarkan fungsinya, meliputi : Input device
(unit masukan); Process device (unit Pemrosesan); Output device (unit keluaran);
Backing Storage ( unit penyimpanan); dan Periferal ( unit tambahan).
3.
Fungsi komponen hardware, yaitu:
·
Input device : Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari
luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan
informasi yang diperlukan.
·
Process device : Unit ini berfungsi sebagai tempat pemroses
instruksi-instruksi program yang ada pada komputer dan mengontrol keseluruhan
sistem komputer selama pengolahan data berlangsung.
·
Output device : Unit ini berfungsi sebagai alat yang menampilkan hasil
pengolahan data yang dilakukan CPU.
·
Storage device : Unit ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data atau
program yang dapat digunakan kembali pada waktu tertentu.
·
Periferal device : Unit ini berfungsi sebagai perangkat tambahan yang
digunakan sesuai dengan kebutuhan.
DAFTAR
PUSTAKA
backing
storage. (2010). blog Iindonesia
diunduh tanggal 17 September 2012 dari
capturing the face of
Indonesia one blog at a time ...
Gambar perangkat keras komputer. (2012). diunduh tanggal 13 September
2012 dari
http://yuriorlov-mautauaja
blogspot.com.
hardware komputer. (2012). informasi komputer diunduh tanggal 13 september 2012
dari
http://laksamana_embun blogspot.com.
Julio, 2011 ,
Hardware komputer, diunduh tanggal 13 september 2012 dari
http://julio.staff.ipb.ac.id/files/2011/12/1.pdf
Pengertian Sound Card. (2012). Archieves from better matter di unduh tanggal 17
september 2012 dari blog
at wordpress.com.
Perangkat Keras. (2012). wikipedia . Diunduh dari http://en.wikipedia bahasa
Indonesia. Ensiklopedia
bebas.
worldpress.com.id, r. (2012). Pengertian perangkat keras.
wikipedia.org bahasa
Indonesia eksilopedia
bebas diunduh tanggal 13 september 2012 dari
http://belajar
komputer.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar