TUGAS UJIAN MID SEMESTER GENAP 2012/2013
PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN FKIP UNSRI
MATA KULIAH : PENGEMBANGAN SIST. PEMBELAJARAN
KELAS JUMAT-SABTU
DOSEN PENGAMPUH : Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc
: Prof. Dr. H. Fuad Abd. Rachman, M.Pd
: Dr.L.R. Retno Susanti, M.Hum.
PETUNJUK :
1. Dikerjakan di rumah.
2. Diketik/dijilid yang rapih.
3. Diserahkan pada tanggal 26 November 2013. Pukul 16.00 Wib
Soal :
Suatu lembaga pendidikan non formal ingin menyelenggarakan pelatihan berupa kursus singkat bahasa Inggris (30 jam) untuk keperluan guide bagi tamu asing yang ingin berkunjung ke Palembang dan obyek-obyek wisata yang ada di Sumatera Selatan.
Persyaratan yang diminta antara lain : Sarjana (S1) berdomisili di Palembang, umur maksimal 27 tahun lulus tes sebagai calon peserta kursus dan berkepribadian menarik.
Anda sebagai ahli teknologi pembelajaran diminta untuk menyusun proposal pelatihan tersebut.
Susunlah desain instruksional, dengan berbagai kegiatan seperti :
Melakukan analisis kebutuhan, analisis instruksional, analisis perilaku awal dan karakteristik awal siswa, rumusan TIK secara lengkap (Komponen A B C dan D) penyusunan tes acuan patokan, pengembangan strategi instruksional, pengembangan materi instruksional dan evaluasi formatif.
Tentukan juga jumlah siswa, jumlah instruktur, materi pelatihan, metode dan media yang digunakan dan jadwal kegiatan.
Bisa juga bentuk kegiatan short course yang lain seperti kursus komputer, managemen, IPA (Fisika, Kimia, Biologi), IPS (ekonomi, sejarah, PKn), atau yang sesuai dengan bidang studi Anda.
Selamat Bekerja !!!
PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
UNTUK GURU SMP, MTs DAN SMA
SE KECAMATAN KANDIS
TUGAS UJIAN MID SEMESTER MATA KULIAH
PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN
NAMA : EMI KALSUM
N I M : 06122503022
|
PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA 2013 |
1. Latar Belakang.
Dalam rangka mengharuskan akan mulai dilaksanakannya kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru yaitu tahun pelajaran 2013-2014, bahwa semua mata pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik harus menggunakan sistem ICT. Sedangkan pelajaran TIK akan di hapuskan dalam kurikulum 2013. Oleh sebab itu maka semua guru mata pelajaran harus bisa dan dapat mengoperasi program-program ICT dengan baik untuk menunjang tercapainya kriteria ketuntasan minimum dari kurikulum mata pelajaran masing-masing peserta didik. Dimana yang selama ini tuntutan akan penggunaan ICT dalam setiap pembelajaran belum diwajibakan pada setiap mata pelajaran sehingga masih banyak guru mata pelajaran yangbelum atau tidak bisa mengoperasikan ICT dengan baik. Akan tetapi karena tuntutan atas peran ICT dalam setiap lini pendidikan itu untuk mewujudkan tujuan nasional khususnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa telah mendorong tumbuhnya berbagai inovasi dalam sistem pendidikan khususnya sistem pembelajaran .
Perubahan besar yang terjadi dalam lingkungan global mengharuskan kita untuk mengembangkan sistem pendidikan lebih terbuka, lebih luwes dan dapat diakses oleh siapa saja yang memerlukannya tanpa memandang usia, gender, lokasi, kondisi sosial-ekonomi, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Sistem tersebut selain memperluas kesempatan pendidikan, juga harus berfungsi dalam meningkatkan mutu pendidikan secara merata, meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pembangunan, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pendidikan. Sistem pendidikan tersebut perlu didukung berbagai sumber terutama melalui pembelajaran berbasis ICT .
Pembelajaran berbasis ICT diselenggarakan dalam berbagai pola, yang pada dasarnya mengandalkan pemanfaatan ICT melalui audio/video, TV, dan pembelajaran dengan menggunakan media komputer dan internet. Pembelajaran dengan menggunakan media komputer dan internet merupakan salah satu alternatif yang sangat potensial, dimana kebutuhan pendidikan yang telah mengglobal menuntut adanya percepatan dan perluasan akses yang tak terbatasi. Percepatan informasi dalam hitungan detik, dengan memijit tombol email akan berpindah dari satu komputer ke komputer lain di bagian dunia manapun.
Pengelolaan pembelajaran melalui ICT atau media komputer dan intenet dikemas dalam sebuah pembelajaran berbasis web, sehingga peserta didik yang akan mempelajari materi sesuai dengan kebutuhannya dapat mengakses secara online, artinya belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, sehingga percepatan dan perluasan akses dalam rangka pemeratan kesempatan mendapatkan pendidikan dapat terpenuhi. Berbagai keunggulan yang bisa didapat bila mengelola pembelajaran berbasis ICT atau teknologi informasi dan komunikasi tersebut, maka CV. SMAN KANDIS COMPUTER dalam menjalankan kiprahnya sebagai lembaga yang memiliki keahlian di bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh berbasis ICT atau teknologi informasi dan komunikasi, akan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan tentang “Pembelajaran Berbasis ICT bagi guru SMP, MTs, SMA di lingkungan kecamatan Kandis ” kerjasama antara CV. SMAN KANDIS COMPUTER dengan SMP , MTS dan SMA yang ada di Kecamatan Kandis.
Dalam rangka pelatihan ini, proses pembelajaran akan menggunakan model Pembelajaran secara tatap muka dengan metode ceramah , tutorial, simulasi dan demonstrasi . Model Pembelajaran secara tatap muka di dalam kelas adalah bentuk transfer ilmu pengetahuan yang difasilitasi oleh pendidik, dan diikuti oleh peserta didik dalam suatu periode waktu yang sudah ditetapkan berdasarkan kurikulum tertentu menggunakan metode pembelajaran dan sarana pendidikan yang ada. Dengan model pembelajaran tatap muka ini, proses transfer ilmu pengetahuan akan lebih efektif karena jika terjadi kesulitan memahami suatu konsep yang dijelaskan, peserta didik dapat langsung memperoleh penjelasan dari fasilitator yang mendampinginya. Dapat dipastikan bahwa model pembelajaran tatap muka ini tidak dapat digantikan oleh model pembelajaran apapun, walaupun bukan berarti pembelajaran tatap muka ini tidak memiliki kelemahan.
Kelemahan utama pembelajaran tatap muka terletak pada proses nya yang hanya dapat dilaksanakan dalam jangka waktu pendek yang sudah ditentukan. Seolah-olah proses transfer ilmu pengetahuan dibatasi oleh ruang dan waktu dan sangat bergantung pada keberadaan guru sebagai penyampai ilmu pengetahuan.
2. Analisis Kebutuhan.
Pembelajaran berbasis ICT adalah upaya memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung proses pembelajaran. TIK berperan sebagai alat bantu bukan sebagai subyek utama.
Dalam pembelajaran berbasis ICT , TIK berperan sebagai media penghubung untuk menyampaikan transfer ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik. Terdapat dua unsur penting dari proses transfer ilmu pengetahuan tersebut yaitu unsur media dan pesan yang disampaikan melalui media tersebut. Unsur media menggambarkan Teknologi Informasi Komunikasi sebagai jaringan infrastruktur yang menghubungkan pendidik dengan peserta didik, sedangkan unsur pesan menggambarkan konten pembelajaran digital.
Pembelajaran berbasis ICT, tidak menghilangkan konteks awal pembelajaran yang berlangsung secara tatap muka di dalam ruang kelas melainkan melalui beberapa tahapan sesuai kondisi sekolah. Untuk memudahkan proses pembelajaran yang terjadi maka diperlukanlah para guru untuk dilatih membuat media pembelajaran berbasis ICT tanpa menghilangkan tugas utamanya sebagai guru. Karena kita tahu bahwa media pembelajaran sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi atau pesan.
3. Tujuan
Tujuan pendidikan dan pelatihan ini adalah agar guru SMP,MTs dan SMA di Kecamatan Kandis memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran berbasis ICT atau teknologi informasi dan komunikasi yang akan dapat diterapkan di sekolahnya sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Untuk mencapai tujuan pendidikan dan pelatihan tersebut masing-masing guru diharapkan memiliki karakteristik kemampuan sebagai berikut
a. Mampu menjelaskan konsep teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
b. Mampu mencari berbagai sumber belajar melalui internet dan berbagai program pembelajaran melalui EduNet, Pusat Sumber Belajar.
c. Mampu merancang, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan email, blog, wiki, edmodo dan facebook untuk Proses Belajar Mengajar.
4. Sasaran dan Persayaratan.
A. Sasaran
Sasaran kegiatan pendidikan dan pelatihan ini sebanyak 40 orang guru SMP, MTs dan SMA
A. Sasaran
Sasaran kegiatan pendidikan dan pelatihan ini sebanyak 40 orang guru SMP, MTs dan SMA
No | Jenis Sekolah | Mata pelajaran | Jumlah guru |
1 | SMP | Matematika IPA Terpadu IPS Terpadu Pkn PAI Bahasa | 2 2 4 1 1 2 |
2 | MTs | Matematika IPA Terpadu IPS Terpadu Pkn PAI Bahasa | 2 2 4 1 1 2 |
3 | SMA | Matematika Fisika Kimia Biologi Ekonomi Sejarah Geografi Sosilogi Pkn PAI Bahasa | 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 2 |
B. Persyaratan
Peserta yang akan mengikuti pelatihan ini adalah guru SMP, MTs, dan SMA, Negeri maupun swasta di Kecamatan Kandis dengan persyaratan sebagai berikut :
Peserta yang akan mengikuti pelatihan ini adalah guru SMP, MTs, dan SMA, Negeri maupun swasta di Kecamatan Kandis dengan persyaratan sebagai berikut :
a. Mampu mengoperasikan komputer (minimal pasif)
b. Mampu menggunakan internet (minimal pasif)
c. Memiliki alamat e-mail jika ada
d. Membawa Laptop jika ada
e. Usia maksimum 50 tahun
f. Diwajibkan membawa bahan ajar/referensi sesuai dengan bidangnya masing- masing dalam bentuk cetak maupun elektronik
5. Strategi Pembelajaran
Untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan digunakan strategi pembelajaran yang menekankan pada aktivitas dalam proses kegiatan. Secara rinci strategi yang dimaksud meliputi :
a.Metode/TeknikPembelajaran
Metode/teknik yang digunakan adalah metode yang dapat mengkondisikan seluruh peserta untuk terlibat aktif dalam pembelajaran berupa metode eksprimen , demontrasi, simulasi, Tuotrial , dan diskusi yang berorientasi pada pencapaian hasil (produk) berupa pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Metode/teknik yang digunakan adalah metode yang dapat mengkondisikan seluruh peserta untuk terlibat aktif dalam pembelajaran berupa metode eksprimen , demontrasi, simulasi, Tuotrial , dan diskusi yang berorientasi pada pencapaian hasil (produk) berupa pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
b. Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang digunakan adalah media penyaji, berupa Liquid Crystal Display (LCD), komputer/laptop, koneksi internet dan perangkat EduNet.
d. Alokasi Waktu Pembelajaran
Waktu pembelajaran dialokasikan dengan proporsi 75 % untuk peserta pelatihan terlibat langsung (praktik) dan 25 % untuk informasi materi (pemberian stimulasi baru/teori).
6. Hasil yang Diharapkan.
Terkumpulnya pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi melalui program Wiki, dan Edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik di mana saja dan kapan saja dalam rangka peningkatan mutu, percepatan dan perluasan akses pendididikan.
7. Narasumber, Pembicara Khusus dan Pembimbing
. a. Narasumber :
- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir.
- Tim CV. SMAN KANDIS COMPUTER
b. Pembicara Khusus
Para pembicara khusus dalam pelatihan ini adalah orang yang memiliki wawasan dan keahlian dalam bidang pendidikan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi :
· Prof. Dr. Zulkardi , M.IKomp (ahli Komputer)
· Dr. Sardianto MS, M.Sc, M.Pd. (ahli komputer)
· Dr. Harkat, M.Pd (ahli pendidikan)
· Dr. Emi Kalsum, M.Pd. (ahli pendidikan)
c. Pembimbing
Para peserta mendapat bimbingan dari :
· Efran Yudia, M.Komp. ( Programing)
· Zulchan Afandi, M.Kom. ( Desain Grafis)
· Rizka Oktaria, S.Komp. (Programing)
· Dewi Ersicasari, S.Kom (Programing)
8. Waktu dan Tempat Pelaksana
Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari atau dari tanggal 2 – 4 Juli 2013. Tempat pelatihan akan dilaksanakan di Lab Multimedia SMAN 1 Kandis . Jl. AMD No 01 Ds 1 Kandis Kecamatan Kandis
9. Materi Pelatihan
Materi pelatihan Pembelajaran Berbasis Informasi dan Teknologi bagi guru SMP, MTS, dan SMA materi yang akan diberikan adalah sebagai berikut :
No | Kegiatan | Waktu | Pemateri | Metode | |
Teori | Praktek | ||||
1 | Pembukaan dan Penutupan | 2 jam | | Kepala Dinas Pendidikan | Ceramah |
2 | Kebijakan TIK Dinas Pendidikan | 1 jam | | Kepala Dinas Pendidikan | Ceramah, Diskusi |
3 | Proker CV. SMAN KANDIS COMPUTER | 1 jam | | Kabag Prog CV. SMAN KANDIS COMPUTER | Ceramah, Diskusi |
4 | Pengembangan Mailing List Dalam Pembelajaran | 30 menit | 90 menit | TIM Cv. SMAN KANDIS COMPUTER | Ceramah, Tutorial, Praktek, |
5 | Pengembangan blog dalam pembelajaran | 1 jam | 3 jam | TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER | Ceramah, Tutorial, Praktek, Simulasi, |
6 | Internet dan EduNet sebagai sumber belajar | 30 menit | 3 jam 30 menit | TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER | Ceramah, Tutorial, Praktek, Simulasi |
7 | Internet dan EduNet sebagai sumber belajar | 30 menit | 90 menit | TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER | Ceramah, Tutorial, Praktek, |
8 | Pembelajaran melalui Wiki | 30 menit | 90 menit | TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER | Ceramah, Tutorial, Praktek, |
9 | Pembelajaran melalui Facebook dan edmodo | 30 menit | 3 jam 30 menit | TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER | Ceramah, Tutorial, Praktek, Simulasi, |
10 | List Mailing System berbasis Open Source (Moodle) | 1jam | 11 jam | TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER | Ceramah, Tutorial, Praktek, Simulasi, |
JUMLAH | 30 Jam | | |
10. Biaya
Seluruh biaya yang digunakan untuk kegiatan Pelatihan dari CV. SMAN KANDIS COMPUTER ,Sponsor, dan Donatur yang tidak terikat dengan rincian sebagai berikut :
- ATK Rp. 1.000.000,-
- Akomodasi narasumber selama 3 hari Rp. 18.000.000,-
- Konsumsi Narasumber, Peserta dan Panitia 3 hari Rp. 6.000.000,-
- Transport narasumber dan peserta 3 hari Rp. 15.000.000,-
- Kepanitiaan Rp. 5.000.000,-
- Lain-lain Rp. 5 000.000,-
Jumlah Rp. 45.000.000,-
11 . Kepanitiaan
1. Pengarah : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir
2. Penanggung Jawab : Pimpinan CV. SMAN KANDIS COMPUTER
3. Ketua Kegiatan : Kabag Programing CV. SMAN KANDIS
COMPUTER
4. Administrasi : 1. Agung Afandi
2. Vita Rusmeri.
3. Rita Dewi Sartika
11. Jadwal Pelatihan
Waktu | Kegiatan | Penyaji |
Selasa, 02-07-2013 | ||
08.00 - 09.00 | Pembukaan | Panitia |
09.00 - 10.00 | Kebijakan TIK Dinas Pendidikan | Kepala Dinas |
10.00 - 11.00 | Program Kerja CV. SMAN KANDIS COMPUTER | Kabag CV. SMAN KANDIS COMPUTER |
11.00 - 12.00 | Mailing list dalam Pembelajaran | M. Temi |
12.00 - 13.00 | Ishoma | Panitia |
13.00 - 14.00 | Mailing list dlm Pembelajaran | M. Temi |
14.00 - 15.00 | Pengembangan blog | Deddy Wahyu |
15.00 - 15.15 | Istirahat | Panitia |
15.15 - 17.00 | Pengembangan blog | Deddy Wahyu |
Rabu, 03 – 07 2013 | Kegiatan | Penyaji |
08.00 - 09.00 | Internet dean EduNet | Harkat |
09.00 - 10.00 | Internet dan EduNet | Harkat |
10.00 - 11.00 | Pembelajaran Melalui wiki | Emi Kalsum |
11.00 - 12.00 | Pembelajaran Melalui wiki | Emi Kalsum |
12.00 - 13.00 | Ishoma | Panitia |
13.00 - 14.00 | Pembelajaran Melalui Edmodo | Emi Kalsum |
14.00 - 15.00 | Pembelajaran Melalui Edmodo | Emi Kalsum |
15.00 - 15.15 | Istirahat | |
15.15 - 17.00 | LMS | M. Temi |
Kamis , 04 – 07 2013 | Kegiatan | Tim Penyaji |
08.00 - 09.00 | LMS | M. Temi |
09.00 - 10.00 | LMS | Deddy Wahyu |
10.00 - 11.00 | LMS | Deddy Wahyu |
11.00 - 12.00 | LMS | Deddy Wahyu |
12.00 - 13.00 | Ishoma | Panitia |
13.00 - 14.00 | LMS | Efran Yudia |
14.00 - 15.00 | LMS | Efran Yudia |
15.00 - 15.15 | Istirahat | Moderator |
15.15 - 17.00 | LMS | Efran Yudia |
Kamis 23-11-2011 | Kegiatan | Tim Penyaji |
08.00 - 09.00 | LMS | Zulchan afandi |
09.00 - 10.00 | LMS | Zulchan afandi |
10.00 - 11.00 | LMS | Zulchan afandi |
11.00 - 12.00 | LMS | Zulchan afandi |
12.00 - 13.00 | Ishoma | Panitia |
13.00 - 14.00 | LMS | Rizka , Dewi |
14.00 - 15.00 | LMS | Rizka , Dewi |
15.00 - 15.15 | Istirahat | Panitia |
15.15 - 16.45 | Penutupan | Panitia |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar