TUGAS
UJIAN MID SEMESTER GENAP 2012/2013
PROGRAM
STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN FKIP UNSRI
MATA
KULIAH : PENGEMBANGAN SIST. PEMBELAJARAN
KELAS JUMAT-SABTU
DOSEN
PENGAMPUH : Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc
: Prof. Dr. H. Fuad Abd. Rachman, M.Pd
: Dr.L.R. Retno Susanti, M.Hum.
PETUNJUK :
1.
Dikerjakan
di rumah.
2.
Diketik/dijilid
yang rapih.
3.
Diserahkan
pada tanggal 26 November 2013. Pukul 16.00 Wib
Soal
:
Suatu
lembaga pendidikan non formal ingin menyelenggarakan pelatihan berupa kursus singkat
bahasa Inggris (30 jam) untuk keperluan guide bagi tamu asing yang ingin berkunjung ke Palembang dan
obyek-obyek wisata yang ada di Sumatera Selatan.
Persyaratan
yang diminta antara lain : Sarjana (S1) berdomisili di Palembang, umur maksimal
27 tahun lulus tes sebagai calon peserta kursus dan berkepribadian menarik.
Anda
sebagai ahli teknologi pembelajaran diminta untuk menyusun proposal pelatihan
tersebut.
Susunlah
desain instruksional, dengan berbagai kegiatan seperti :
Melakukan
analisis kebutuhan, analisis instruksional, analisis perilaku awal dan
karakteristik awal siswa, rumusan TIK secara lengkap (Komponen A B C dan D)
penyusunan tes acuan patokan, pengembangan strategi instruksional, pengembangan
materi instruksional dan evaluasi formatif.
Tentukan
juga jumlah siswa, jumlah instruktur, materi pelatihan, metode dan media yang
digunakan dan jadwal kegiatan.
Bisa
juga bentuk kegiatan short course yang lain seperti kursus komputer, managemen,
IPA (Fisika, Kimia, Biologi), IPS
(ekonomi, sejarah, PKn), atau yang
sesuai dengan bidang studi Anda.
Selamat
Bekerja !!!
PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
UNTUK GURU SMP, MTs DAN SMA
SE KECAMATAN KANDIS
TUGAS
UJIAN MID SEMESTER MATA KULIAH
PENGEMBANGAN
SISTEM PEMBELAJARAN
NAMA : EMI KALSUM
N
I M : 06122503022
|
PROGRAM STUDI
MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2013
|
1. Latar Belakang.
Dalam
rangka mengharuskan akan mulai dilaksanakannya kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru yaitu tahun pelajaran
2013-2014, bahwa semua mata pelajaran yang
diajarkan kepada peserta didik harus menggunakan sistem ICT. Sedangkan
pelajaran TIK akan di hapuskan dalam kurikulum 2013. Oleh sebab itu maka semua
guru mata pelajaran harus bisa dan dapat mengoperasi program-program ICT dengan
baik untuk menunjang tercapainya kriteria ketuntasan minimum dari kurikulum mata pelajaran masing-masing peserta
didik. Dimana yang selama ini tuntutan akan penggunaan ICT dalam setiap pembelajaran
belum diwajibakan pada setiap mata pelajaran sehingga masih banyak guru mata
pelajaran yangbelum atau tidak bisa mengoperasikan ICT dengan baik. Akan tetapi
karena tuntutan atas peran ICT dalam setiap lini pendidikan itu untuk mewujudkan tujuan nasional
khususnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa telah mendorong tumbuhnya
berbagai inovasi dalam sistem pendidikan khususnya sistem pembelajaran .
Perubahan
besar yang terjadi dalam lingkungan global mengharuskan kita untuk
mengembangkan sistem pendidikan lebih terbuka, lebih luwes dan dapat diakses
oleh siapa saja yang memerlukannya tanpa
memandang usia, gender, lokasi, kondisi sosial-ekonomi, maupun pengalaman
pendidikan sebelumnya. Sistem tersebut selain memperluas kesempatan pendidikan, juga harus
berfungsi dalam meningkatkan mutu pendidikan secara merata, meningkatkan
relevansi pendidikan dengan kebutuhan pembangunan, dan meningkatkan efisiensi dan
efektivitas dalam penyelenggaraan pendidikan. Sistem pendidikan tersebut perlu
didukung berbagai sumber terutama
melalui pembelajaran berbasis ICT .
Pembelajaran
berbasis ICT diselenggarakan dalam berbagai pola, yang pada dasarnya
mengandalkan pemanfaatan ICT melalui audio/video, TV, dan pembelajaran dengan
menggunakan media komputer dan internet. Pembelajaran dengan menggunakan media
komputer dan internet merupakan salah satu alternatif yang sangat potensial,
dimana kebutuhan pendidikan yang telah mengglobal menuntut adanya percepatan
dan perluasan akses yang tak terbatasi. Percepatan informasi dalam hitungan
detik, dengan memijit tombol email akan berpindah dari satu komputer ke
komputer lain di bagian dunia manapun.
Pengelolaan
pembelajaran melalui ICT atau media komputer dan intenet dikemas dalam sebuah pembelajaran
berbasis web, sehingga peserta didik yang akan mempelajari materi sesuai dengan
kebutuhannya dapat mengakses secara online, artinya belajar dapat dilakukan
dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, sehingga percepatan dan perluasan
akses dalam rangka pemeratan kesempatan mendapatkan pendidikan dapat terpenuhi.
Berbagai keunggulan yang bisa didapat bila mengelola pembelajaran berbasis ICT atau teknologi informasi dan komunikasi
tersebut, maka CV. SMAN KANDIS COMPUTER dalam menjalankan kiprahnya sebagai
lembaga yang memiliki keahlian di bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh
berbasis ICT atau teknologi informasi
dan komunikasi, akan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan tentang
“Pembelajaran Berbasis ICT bagi guru
SMP, MTs, SMA di lingkungan kecamatan
Kandis ” kerjasama antara CV. SMAN KANDIS COMPUTER dengan SMP , MTS dan SMA yang ada di Kecamatan Kandis.
Dalam
rangka pelatihan ini, proses pembelajaran akan menggunakan model Pembelajaran secara tatap muka
dengan metode ceramah , tutorial, simulasi dan demonstrasi . Model Pembelajaran secara tatap muka di dalam kelas adalah bentuk transfer ilmu pengetahuan yang difasilitasi oleh pendidik, dan diikuti oleh peserta didik dalam suatu periode
waktu yang sudah ditetapkan berdasarkan kurikulum tertentu menggunakan
metode pembelajaran dan sarana pendidikan yang
ada. Dengan model pembelajaran tatap muka ini, proses transfer ilmu pengetahuan akan lebih efektif
karena jika terjadi kesulitan memahami suatu konsep yang dijelaskan, peserta didik dapat langsung memperoleh penjelasan
dari fasilitator yang mendampinginya.
Dapat dipastikan bahwa model pembelajaran tatap muka ini tidak dapat digantikan oleh model pembelajaran apapun, walaupun
bukan berarti pembelajaran tatap muka ini tidak memiliki kelemahan.
Kelemahan utama pembelajaran tatap
muka terletak pada proses
nya
yang hanya
dapat dilaksanakan dalam jangka waktu pendek yang sudah ditentukan. Seolah-olah proses
transfer ilmu pengetahuan dibatasi oleh ruang dan waktu dan sangat bergantung pada keberadaan guru sebagai penyampai ilmu pengetahuan.
2. Analisis Kebutuhan.
Pembelajaran berbasis ICT adalah upaya memanfaatkan kemajuan Teknologi
Informasi dan Komunikasi untuk mendukung proses
pembelajaran. TIK berperan sebagai alat bantu bukan sebagai subyek utama.
Dalam pembelajaran berbasis
ICT , TIK berperan sebagai
media penghubung untuk
menyampaikan transfer ilmu pengetahuan dari pendidik
kepada peserta didik.
Terdapat dua unsur penting dari proses
transfer ilmu pengetahuan tersebut
yaitu unsur media dan pesan yang disampaikan melalui media tersebut.
Unsur media menggambarkan Teknologi
Informasi Komunikasi sebagai jaringan infrastruktur yang menghubungkan pendidik
dengan peserta didik, sedangkan unsur pesan menggambarkan konten pembelajaran digital.
Pembelajaran berbasis ICT, tidak menghilangkan konteks awal pembelajaran
yang berlangsung secara
tatap muka di dalam
ruang kelas melainkan melalui beberapa tahapan sesuai
kondisi sekolah. Untuk
memudahkan proses pembelajaran yang terjadi maka diperlukanlah para guru untuk
dilatih membuat media pembelajaran berbasis ICT tanpa menghilangkan tugas
utamanya sebagai guru. Karena kita tahu bahwa media pembelajaran sebagai alat
bantu dalam menyampaikan materi atau pesan.
3.
Tujuan
Tujuan pendidikan dan pelatihan ini
adalah agar guru SMP,MTs dan SMA di Kecamatan Kandis memiliki kompetensi dalam mengelola
pembelajaran berbasis ICT atau teknologi informasi dan komunikasi yang akan
dapat diterapkan di sekolahnya sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Untuk mencapai tujuan pendidikan dan
pelatihan tersebut masing-masing guru diharapkan memiliki karakteristik
kemampuan sebagai berikut
a. Mampu
menjelaskan konsep teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
b. Mampu
mencari berbagai sumber belajar melalui internet dan berbagai program
pembelajaran melalui EduNet, Pusat Sumber Belajar.
c. Mampu
merancang, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan
email, blog, wiki, edmodo dan facebook untuk Proses Belajar Mengajar.
4.
Sasaran dan Persayaratan.
A. Sasaran
Sasaran kegiatan pendidikan dan pelatihan ini sebanyak 40 orang guru SMP, MTs dan SMA
A. Sasaran
Sasaran kegiatan pendidikan dan pelatihan ini sebanyak 40 orang guru SMP, MTs dan SMA
No
|
Jenis Sekolah
|
Mata pelajaran
|
Jumlah guru
|
1
|
SMP
|
Matematika
IPA Terpadu
IPS Terpadu
Pkn
PAI
Bahasa
|
2
2
4
1
1
2
|
2
|
MTs
|
Matematika
IPA Terpadu
IPS Terpadu
Pkn
PAI
Bahasa
|
2
2
4
1
1
2
|
3
|
SMA
|
Matematika
Fisika
Kimia
Biologi
Ekonomi
Sejarah
Geografi
Sosilogi
Pkn
PAI
Bahasa
|
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
B.
Persyaratan
Peserta yang akan mengikuti pelatihan ini adalah guru SMP, MTs, dan SMA, Negeri maupun swasta di Kecamatan Kandis dengan persyaratan sebagai berikut :
Peserta yang akan mengikuti pelatihan ini adalah guru SMP, MTs, dan SMA, Negeri maupun swasta di Kecamatan Kandis dengan persyaratan sebagai berikut :
a. Mampu
mengoperasikan komputer (minimal pasif)
b. Mampu
menggunakan internet (minimal pasif)
c. Memiliki
alamat e-mail jika ada
d. Membawa
Laptop jika ada
e. Usia
maksimum 50 tahun
f. Diwajibkan
membawa bahan ajar/referensi sesuai dengan bidangnya masing- masing dalam
bentuk cetak maupun elektronik
5. Strategi Pembelajaran
Untuk mencapai kompetensi yang telah
ditetapkan digunakan strategi pembelajaran yang menekankan pada aktivitas dalam
proses kegiatan. Secara rinci strategi yang dimaksud meliputi :
a.Metode/TeknikPembelajaran
Metode/teknik yang digunakan adalah metode yang dapat mengkondisikan seluruh peserta untuk terlibat aktif dalam pembelajaran berupa metode eksprimen , demontrasi, simulasi, Tuotrial , dan diskusi yang berorientasi pada pencapaian hasil (produk) berupa pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Metode/teknik yang digunakan adalah metode yang dapat mengkondisikan seluruh peserta untuk terlibat aktif dalam pembelajaran berupa metode eksprimen , demontrasi, simulasi, Tuotrial , dan diskusi yang berorientasi pada pencapaian hasil (produk) berupa pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
b. Media Pembelajaran
Media pembelajaran yang digunakan
adalah media penyaji, berupa Liquid Crystal Display (LCD), komputer/laptop,
koneksi internet dan perangkat EduNet.
d. Alokasi
Waktu Pembelajaran
Waktu pembelajaran dialokasikan dengan
proporsi 75 % untuk peserta pelatihan terlibat langsung (praktik) dan 25 %
untuk informasi materi (pemberian stimulasi baru/teori).
6.
Hasil yang Diharapkan.
Terkumpulnya pembelajaran berbasis
teknologi informasi dan komunikasi melalui program Wiki, dan Edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh
peserta didik di mana saja dan kapan saja dalam rangka peningkatan mutu,
percepatan dan perluasan akses pendididikan.
7. Narasumber, Pembicara Khusus dan Pembimbing
. a. Narasumber :
- Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Ogan Ilir.
- Tim CV. SMAN KANDIS COMPUTER
b. Pembicara Khusus
Para pembicara khusus dalam pelatihan ini adalah orang yang
memiliki wawasan dan keahlian dalam bidang pendidikan dan Teknologi Informasi
dan Komunikasi :
·
Prof.
Dr. Zulkardi , M.IKomp (ahli Komputer)
·
Dr.
Sardianto MS, M.Sc, M.Pd. (ahli komputer)
·
Dr.
Harkat, M.Pd (ahli pendidikan)
·
Dr.
Emi Kalsum, M.Pd. (ahli pendidikan)
c. Pembimbing
Para
peserta mendapat bimbingan dari :
·
Efran
Yudia, M.Komp. ( Programing)
·
Zulchan
Afandi, M.Kom. ( Desain Grafis)
·
Rizka
Oktaria, S.Komp. (Programing)
·
Dewi
Ersicasari, S.Kom (Programing)
8. Waktu dan Tempat Pelaksana
Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari atau dari
tanggal 2 – 4 Juli 2013. Tempat pelatihan akan dilaksanakan di Lab Multimedia
SMAN 1 Kandis . Jl. AMD No 01 Ds 1 Kandis Kecamatan Kandis
9. Materi
Pelatihan
Materi pelatihan Pembelajaran
Berbasis Informasi dan Teknologi bagi guru SMP, MTS, dan SMA materi yang akan diberikan adalah
sebagai berikut :
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
Pemateri
|
Metode
|
|
Teori
|
Praktek
|
||||
1
|
Pembukaan dan
Penutupan
|
2 jam
|
|
Kepala Dinas Pendidikan
|
Ceramah
|
2
|
Kebijakan TIK Dinas
Pendidikan
|
1 jam
|
|
Kepala Dinas Pendidikan
|
Ceramah, Diskusi
|
3
|
Proker CV. SMAN
KANDIS COMPUTER
|
1 jam
|
|
Kabag Prog CV. SMAN KANDIS COMPUTER
|
Ceramah, Diskusi
|
4
|
Pengembangan Mailing
List Dalam Pembelajaran
|
30 menit
|
90 menit
|
TIM Cv. SMAN KANDIS COMPUTER
|
Ceramah, Tutorial,
Praktek,
|
5
|
Pengembangan blog
dalam pembelajaran
|
1 jam
|
3 jam
|
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
|
Ceramah, Tutorial,
Praktek, Simulasi,
|
6
|
Internet dan EduNet sebagai sumber belajar
|
30 menit
|
3 jam 30 menit
|
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
|
Ceramah, Tutorial,
Praktek, Simulasi
|
7
|
Internet dan EduNet sebagai sumber belajar
|
30 menit
|
90 menit
|
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
|
Ceramah, Tutorial,
Praktek,
|
8
|
Pembelajaran melalui
Wiki
|
30 menit
|
90 menit
|
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
|
Ceramah, Tutorial,
Praktek,
|
9
|
Pembelajaran melalui
Facebook dan edmodo
|
30 menit
|
3 jam 30 menit
|
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
|
Ceramah, Tutorial,
Praktek, Simulasi,
|
10
|
List Mailing System
berbasis Open Source (Moodle)
|
1jam
|
11 jam
|
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
|
Ceramah, Tutorial,
Praktek, Simulasi,
|
JUMLAH
|
30 Jam
|
|
|
10. Biaya
Seluruh
biaya yang digunakan untuk kegiatan Pelatihan dari CV.
SMAN
KANDIS COMPUTER
,Sponsor, dan Donatur yang tidak terikat dengan rincian
sebagai berikut :
-
ATK Rp. 1.000.000,-
-
Akomodasi
narasumber selama 3 hari Rp.
18.000.000,-
-
Konsumsi
Narasumber, Peserta dan Panitia 3 hari Rp. 6.000.000,-
-
Transport
narasumber dan peserta 3 hari Rp.
15.000.000,-
-
Kepanitiaan Rp. 5.000.000,-
-
Lain-lain Rp. 5 000.000,-
Jumlah Rp.
45.000.000,-
11 .
Kepanitiaan
1.
Pengarah : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan
Ilir
2.
Penanggung Jawab : Pimpinan CV. SMAN KANDIS
COMPUTER
3. Ketua
Kegiatan : Kabag Programing CV. SMAN KANDIS
COMPUTER
4.
Administrasi
: 1. Agung Afandi
2. Vita Rusmeri.
3. Rita Dewi Sartika
11. Jadwal Pelatihan
Waktu
|
Kegiatan
|
Penyaji
|
Selasa, 02-07-2013
|
||
08.00 - 09.00
|
Pembukaan
|
Panitia
|
09.00 - 10.00
|
Kebijakan TIK Dinas Pendidikan
|
Kepala Dinas
|
10.00 - 11.00
|
Program Kerja CV. SMAN KANDIS COMPUTER
|
Kabag CV. SMAN KANDIS COMPUTER
|
11.00 - 12.00
|
Mailing list dalam Pembelajaran
|
M. Temi
|
12.00 - 13.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
13.00 - 14.00
|
Mailing list dlm Pembelajaran
|
M. Temi
|
14.00 - 15.00
|
Pengembangan blog
|
Deddy Wahyu
|
15.00 - 15.15
|
Istirahat
|
Panitia
|
15.15 - 17.00
|
Pengembangan blog
|
Deddy Wahyu
|
Rabu, 03 – 07 2013
|
Kegiatan
|
Penyaji
|
08.00 - 09.00
|
Internet dean EduNet
|
Harkat
|
09.00 - 10.00
|
Internet dan EduNet
|
Harkat
|
10.00 - 11.00
|
Pembelajaran Melalui wiki
|
Emi Kalsum
|
11.00 - 12.00
|
Pembelajaran Melalui wiki
|
Emi Kalsum
|
12.00 - 13.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
13.00 - 14.00
|
Pembelajaran Melalui Edmodo
|
Emi Kalsum
|
14.00 - 15.00
|
Pembelajaran Melalui Edmodo
|
Emi Kalsum
|
15.00 - 15.15
|
Istirahat
|
|
15.15 - 17.00
|
LMS
|
M. Temi
|
Kamis , 04 – 07 2013
|
Kegiatan
|
Tim Penyaji
|
08.00 - 09.00
|
LMS
|
M. Temi
|
09.00 - 10.00
|
LMS
|
Deddy Wahyu
|
10.00 - 11.00
|
LMS
|
Deddy Wahyu
|
11.00 - 12.00
|
LMS
|
Deddy Wahyu
|
12.00 - 13.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
13.00 - 14.00
|
LMS
|
Efran Yudia
|
14.00 - 15.00
|
LMS
|
Efran Yudia
|
15.00 - 15.15
|
Istirahat
|
Moderator
|
15.15 - 17.00
|
LMS
|
Efran Yudia
|
Kamis
23-11-2011
|
Kegiatan
|
Tim Penyaji
|
08.00 - 09.00
|
LMS
|
Zulchan afandi
|
09.00 - 10.00
|
LMS
|
Zulchan afandi
|
10.00 - 11.00
|
LMS
|
Zulchan afandi
|
11.00 - 12.00
|
LMS
|
Zulchan afandi
|
12.00 - 13.00
|
Ishoma
|
Panitia
|
13.00 - 14.00
|
LMS
|
Rizka , Dewi
|
14.00 - 15.00
|
LMS
|
Rizka , Dewi
|
15.00 - 15.15
|
Istirahat
|
Panitia
|
15.15 - 16.45
|
Penutupan
|
Panitia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar