Senin, 29 April 2013

Desain Sistem pembelajaran


TUGAS UJIAN MID SEMESTER GENAP 2012/2013
PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN FKIP UNSRI
MATA KULIAH : PENGEMBANGAN SIST.  PEMBELAJARAN
KELAS  JUMAT-SABTU
DOSEN PENGAMPUH           :  Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc
:  Prof. Dr. H. Fuad Abd. Rachman, M.Pd
                                                 :  Dr.L.R. Retno Susanti, M.Hum.
PETUNJUK :
1.      Dikerjakan di rumah.
2.      Diketik/dijilid yang rapih.
3.      Diserahkan pada tanggal 26 November 2013. Pukul 16.00 Wib
Soal :
Suatu lembaga pendidikan non formal ingin menyelenggarakan pelatihan berupa kursus singkat bahasa Inggris (30 jam) untuk keperluan guide bagi tamu asing  yang ingin berkunjung ke Palembang dan obyek-obyek wisata yang ada di Sumatera Selatan.
Persyaratan yang diminta antara lain : Sarjana (S1) berdomisili di Palembang, umur maksimal 27 tahun lulus tes sebagai calon peserta kursus dan berkepribadian menarik.
Anda sebagai ahli teknologi pembelajaran diminta untuk menyusun proposal pelatihan tersebut.
Susunlah desain instruksional, dengan berbagai  kegiatan seperti :
Melakukan analisis kebutuhan, analisis instruksional, analisis perilaku awal dan karakteristik awal siswa, rumusan TIK secara lengkap (Komponen A B C dan D) penyusunan tes acuan patokan, pengembangan strategi instruksional, pengembangan materi instruksional dan evaluasi formatif.
Tentukan juga jumlah siswa, jumlah instruktur, materi pelatihan, metode dan media yang digunakan dan jadwal kegiatan.
Bisa juga bentuk kegiatan short course yang lain seperti kursus komputer, managemen, IPA (Fisika, Kimia, Biologi),  IPS (ekonomi, sejarah, PKn),  atau yang sesuai dengan bidang studi Anda.
Selamat Bekerja !!!





PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
UNTUK GURU SMP, MTs  DAN SMA
SE KECAMATAN KANDIS
 


TUGAS UJIAN MID SEMESTER  MATA KULIAH
PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN
NAMA           : EMI KALSUM
N I M              : 06122503022

PROGRAM STUDI
MAGISTER TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2013
 







1.      Latar Belakang.
          Dalam rangka mengharuskan akan mulai dilaksanakannya kurikulum 2013  pada tahun ajaran baru yaitu tahun pelajaran 2013-2014, bahwa semua mata pelajaran yang  diajarkan kepada peserta didik harus menggunakan sistem ICT. Sedangkan pelajaran TIK akan di hapuskan dalam kurikulum 2013. Oleh sebab itu maka semua guru mata pelajaran harus bisa dan dapat mengoperasi program-program ICT dengan baik untuk menunjang tercapainya kriteria ketuntasan minimum dari  kurikulum mata pelajaran masing-masing peserta didik. Dimana yang selama ini tuntutan akan penggunaan ICT dalam setiap pembelajaran belum diwajibakan pada setiap mata pelajaran sehingga masih banyak guru mata pelajaran yangbelum atau  tidak bisa  mengoperasikan ICT dengan baik. Akan tetapi karena tuntutan atas peran ICT dalam setiap lini  pendidikan itu untuk mewujudkan tujuan nasional khususnya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa telah mendorong tumbuhnya berbagai inovasi dalam sistem pendidikan khususnya sistem pembelajaran .
          Perubahan besar yang terjadi dalam lingkungan global mengharuskan kita untuk mengembangkan sistem pendidikan lebih terbuka, lebih luwes dan dapat diakses oleh siapa saja yang memerlukannya  tanpa memandang usia, gender, lokasi, kondisi sosial-ekonomi, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya. Sistem tersebut selain  memperluas kesempatan pendidikan, juga harus berfungsi dalam meningkatkan mutu pendidikan secara merata, meningkatkan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pembangunan, dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam penyelenggaraan pendidikan. Sistem pendidikan tersebut perlu didukung berbagai  sumber terutama melalui pembelajaran berbasis ICT .
          Pembelajaran berbasis ICT diselenggarakan dalam berbagai pola, yang pada dasarnya mengandalkan pemanfaatan ICT melalui audio/video, TV, dan pembelajaran dengan menggunakan media komputer dan internet. Pembelajaran dengan menggunakan media komputer dan internet merupakan salah satu alternatif yang sangat potensial, dimana kebutuhan pendidikan yang telah mengglobal menuntut adanya percepatan dan perluasan akses yang tak terbatasi. Percepatan informasi dalam hitungan detik, dengan memijit tombol email akan berpindah dari satu komputer ke komputer lain di bagian dunia manapun.
          Pengelolaan pembelajaran melalui ICT atau media komputer dan  intenet dikemas dalam sebuah pembelajaran berbasis web, sehingga peserta didik yang akan mempelajari materi sesuai dengan kebutuhannya dapat mengakses secara online, artinya belajar dapat dilakukan dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja, sehingga percepatan dan perluasan akses dalam rangka pemeratan kesempatan mendapatkan pendidikan dapat terpenuhi. Berbagai keunggulan yang bisa didapat bila mengelola pembelajaran berbasis  ICT atau teknologi informasi dan komunikasi tersebut, maka CV. SMAN KANDIS COMPUTER dalam menjalankan kiprahnya sebagai lembaga yang memiliki keahlian di bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh berbasis ICT atau  teknologi informasi dan komunikasi, akan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan tentang “Pembelajaran Berbasis ICT  bagi guru SMP,  MTs, SMA di lingkungan kecamatan Kandis ” kerjasama antara CV. SMAN KANDIS COMPUTER  dengan SMP , MTS dan SMA  yang ada di Kecamatan Kandis.
          Dalam rangka pelatihan ini, proses pembelajaran akan menggunakan model Pembelajaran secara tatap muka dengan metode ceramah , tutorial, simulasi dan demonstrasi  . Model Pembelajaran secara tatap muka  di dalam kelas adalah bentuk transfer ilmu pengetahuan yang difasilitasi oleh pendidik, dan diikuti oleh peserta didik dalam suatu periode waktu yang sudah ditetapkan  berdasarkan  kurikulum  tertentu  menggunakan  metode  pembelajaran  dan  sarana pendidikan yang  ada. Dengan model pembelajaran tatap muka  ini,  proses  transfer  ilmu  pengetahuan  akan  lebih  efektif  karena  jika  terjadi  kesulitan memahami suatu konsep yang dijelaskan, peserta didik dapat langsung memperoleh penjelasan dari fasilitator yang mendampinginya.  Dapat dipastikan bahwa model pembelajaran tatap muka ini tidak dapat digantikan oleh model pembelajaran apapun, walaupun bukan berarti pembelajaran tatap muka ini tidak memiliki kelemahan.
          Kelemahan  utama  pembelajaran  tatap  muka  terletak  pada  proses  nya  yang  hanya  dapat dilaksanakan dalam jangka waktu pendek yang sudah ditentukan. Seolah-olah proses transfer ilmu pengetahuan dibatasi oleh ruang dan waktu dan sangat bergantung pada keberadaan guru sebagai penyampai ilmu pengetahuan.

2.      Analisis Kebutuhan.

          Pembelajaran berbasis ICT  adalah upaya memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung proses pembelajaran.  TIK berperan sebagai alat bantu bukan sebagai subyek utama.
          Dalam pembelajaran berbasis ICT , TIK berperan sebagai media penghubung untuk menyampaikan transfer ilmu pengetahuan dari pendidik kepada peserta didik.  Terdapat dua unsur penting dari proses transfer ilmu pengetahuan tersebut yaitu unsur media dan pesan yang disampaikan melalui media tersebut. Unsur media menggambarkan Teknologi Informasi Komunikasi  sebagai jaringan infrastruktur yang menghubungkan pendidik dengan peserta didik, sedangkan unsur pesan menggambarkan konten pembelajaran digital.
          Pembelajaran berbasis ICT, tidak menghilangkan konteks awal pembelajaran yang berlangsung secara  tatap muka di dalam ruang kelas melainkan melalui beberapa tahapan sesuai kondisi sekolah. Untuk memudahkan proses pembelajaran yang terjadi maka diperlukanlah para guru untuk dilatih membuat media pembelajaran berbasis ICT tanpa menghilangkan tugas utamanya sebagai guru. Karena kita tahu bahwa media pembelajaran sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi atau pesan.

3.      Tujuan
           Tujuan pendidikan dan pelatihan ini adalah agar guru SMP,MTs dan SMA di Kecamatan Kandis  memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran berbasis ICT atau teknologi informasi dan komunikasi yang akan dapat diterapkan di sekolahnya sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
          Untuk mencapai tujuan pendidikan dan pelatihan tersebut masing-masing guru diharapkan memiliki karakteristik kemampuan sebagai berikut
a.       Mampu menjelaskan konsep teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.
b.      Mampu mencari berbagai sumber belajar melalui internet dan berbagai program pembelajaran melalui EduNet, Pusat Sumber Belajar.
c.       Mampu merancang, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan email, blog, wiki, edmodo dan facebook untuk Proses Belajar Mengajar.
4.  Sasaran dan Persayaratan.
A. Sasaran
     Sasaran kegiatan pendidikan dan pelatihan ini sebanyak 40  orang  guru SMP, MTs dan  SMA
No
Jenis Sekolah
Mata pelajaran
Jumlah guru
1
SMP
Matematika
IPA Terpadu
IPS Terpadu
Pkn
PAI
Bahasa
2
2
4
1
1
2
2
MTs
Matematika
IPA Terpadu
IPS Terpadu
Pkn
PAI
Bahasa
2
2
4
1
1
2
3
SMA
Matematika
Fisika
Kimia
Biologi
Ekonomi
Sejarah
Geografi
Sosilogi
Pkn
PAI
Bahasa
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2

B. Persyaratan
Peserta yang akan mengikuti pelatihan ini adalah guru SMP, MTs, dan SMA, Negeri maupun swasta di Kecamatan Kandis  dengan persyaratan sebagai berikut :
a.       Mampu mengoperasikan komputer (minimal pasif)
b.      Mampu menggunakan internet (minimal pasif)
c.       Memiliki alamat e-mail jika ada
d.      Membawa Laptop jika ada
e.       Usia maksimum 50 tahun
f.       Diwajibkan membawa bahan ajar/referensi sesuai dengan bidangnya masing- masing dalam bentuk cetak maupun elektronik

5.  Strategi Pembelajaran
       Untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan digunakan strategi pembelajaran yang menekankan pada aktivitas dalam proses kegiatan. Secara rinci strategi yang dimaksud meliputi :
a.Metode/TeknikPembelajaran
             Metode/teknik yang digunakan adalah metode yang dapat mengkondisikan  seluruh peserta untuk terlibat aktif dalam pembelajaran berupa metode eksprimen , demontrasi, simulasi, Tuotrial , dan diskusi yang berorientasi pada pencapaian hasil (produk) berupa pengelolaan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
b. Media Pembelajaran
              Media pembelajaran yang digunakan adalah media penyaji, berupa Liquid Crystal Display (LCD), komputer/laptop, koneksi internet dan perangkat  EduNet.
d.      Alokasi Waktu Pembelajaran
           Waktu pembelajaran dialokasikan dengan proporsi 75 % untuk peserta pelatihan terlibat langsung (praktik) dan 25 % untuk informasi materi (pemberian stimulasi baru/teori).
6. Hasil yang Diharapkan.
Terkumpulnya pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi melalui program Wiki,  dan Edmodo yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik di mana saja dan kapan saja dalam rangka peningkatan mutu, percepatan dan perluasan akses pendididikan.
7.  Narasumber, Pembicara Khusus dan Pembimbing
.   a. Narasumber  :
  • Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten  Ogan Ilir.
  • Tim CV. SMAN KANDIS COMPUTER
b.   Pembicara Khusus
Para pembicara khusus dalam pelatihan ini adalah orang yang memiliki wawasan dan keahlian dalam bidang pendidikan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi :
·                 Prof. Dr. Zulkardi , M.IKomp (ahli Komputer)
·                 Dr. Sardianto MS, M.Sc, M.Pd. (ahli komputer)
·                 Dr. Harkat, M.Pd (ahli pendidikan)
·                 Dr. Emi Kalsum, M.Pd. (ahli pendidikan)
c.     Pembimbing
Para peserta mendapat bimbingan dari :
·         Efran Yudia, M.Komp. ( Programing)
·         Zulchan Afandi, M.Kom. ( Desain Grafis)
·         Rizka Oktaria, S.Komp. (Programing)
·         Dewi Ersicasari, S.Kom (Programing)
8.  Waktu dan Tempat Pelaksana
Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari atau dari tanggal 2 – 4 Juli 2013. Tempat pelatihan akan dilaksanakan di Lab Multimedia SMAN 1 Kandis . Jl. AMD No 01 Ds 1 Kandis Kecamatan Kandis
9. Materi Pelatihan
Materi pelatihan Pembelajaran Berbasis Informasi dan Teknologi bagi guru SMP, MTS, dan SMA materi yang akan diberikan adalah sebagai berikut :
No
Kegiatan
Waktu
Pemateri
Metode
Teori
Praktek
1
Pembukaan dan Penutupan
2 jam

Kepala Dinas Pendidikan
Ceramah
2
Kebijakan TIK Dinas Pendidikan
1 jam

Kepala Dinas Pendidikan
Ceramah, Diskusi
3
Proker CV. SMAN KANDIS COMPUTER
1 jam

Kabag Prog CV. SMAN KANDIS COMPUTER
Ceramah, Diskusi
4
Pengembangan Mailing List Dalam Pembelajaran
30 menit
90 menit
TIM Cv.  SMAN KANDIS COMPUTER
Ceramah, Tutorial, Praktek,
5
Pengembangan blog dalam pembelajaran
1 jam
3 jam
TIM CV.  SMAN KANDIS COMPUTER
Ceramah, Tutorial, Praktek, Simulasi,
6
Internet dan  EduNet sebagai sumber belajar
30 menit
3 jam 30 menit
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
Ceramah, Tutorial, Praktek, Simulasi 
7
Internet dan  EduNet sebagai sumber belajar
30 menit
90 menit
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
Ceramah, Tutorial, Praktek,
8
Pembelajaran melalui Wiki
30 menit
90 menit
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
Ceramah, Tutorial, Praktek,
9
Pembelajaran melalui Facebook  dan edmodo
30 menit
3 jam 30 menit
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
Ceramah, Tutorial, Praktek, Simulasi,
10
List Mailing System berbasis Open Source (Moodle)
1jam
11 jam
TIM CV. SMAN KANDIS COMPUTER
Ceramah, Tutorial, Praktek, Simulasi,
JUMLAH
30 Jam



10. Biaya
Seluruh biaya yang digunakan untuk kegiatan Pelatihan dari       CV. SMAN KANDIS COMPUTER  ,Sponsor,  dan Donatur yang tidak terikat dengan rincian sebagai berikut :
-          ATK                                                                             Rp.  1.000.000,-
-          Akomodasi narasumber selama 3 hari                          Rp. 18.000.000,-
-          Konsumsi Narasumber, Peserta dan Panitia 3 hari       Rp.  6.000.000,-
-          Transport narasumber dan peserta 3 hari                      Rp. 15.000.000,-
-          Kepanitiaan                                                                  Rp.  5.000.000,-
-          Lain-lain                                                                       Rp.  5 000.000,-
Jumlah                                                                          Rp. 45.000.000,-
11 . Kepanitiaan
1.   Pengarah                           : Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Ilir
2.   Penanggung Jawab            : Pimpinan CV. SMAN KANDIS COMPUTER
3.   Ketua Kegiatan                 : Kabag Programing CV. SMAN KANDIS
                                                   COMPUTER
4.   Administrasi                      : 1. Agung Afandi
                                                  2. Vita Rusmeri.
  3. Rita Dewi Sartika
11.  Jadwal Pelatihan
Waktu
Kegiatan
Penyaji
Selasa, 02-07-2013
08.00 - 09.00
Pembukaan
Panitia
09.00 - 10.00
Kebijakan TIK Dinas Pendidikan
Kepala Dinas
10.00 - 11.00
Program Kerja CV. SMAN KANDIS COMPUTER
Kabag CV. SMAN KANDIS COMPUTER
11.00 - 12.00
Mailing list dalam Pembelajaran
M. Temi
12.00 - 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 - 14.00
Mailing list dlm Pembelajaran
M. Temi
14.00 - 15.00
Pengembangan blog
Deddy Wahyu
15.00 - 15.15
Istirahat
Panitia
15.15 - 17.00
Pengembangan blog
Deddy Wahyu
Rabu, 03 – 07  2013
Kegiatan
Penyaji
08.00 - 09.00
Internet dean EduNet
Harkat
09.00 - 10.00
Internet dan EduNet
Harkat
10.00 - 11.00
Pembelajaran Melalui wiki
Emi Kalsum
11.00 - 12.00
Pembelajaran Melalui wiki
Emi Kalsum
12.00 - 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 - 14.00
Pembelajaran Melalui Edmodo
Emi Kalsum
14.00 - 15.00
Pembelajaran Melalui Edmodo
Emi Kalsum
15.00 - 15.15
Istirahat

15.15 - 17.00
LMS
M. Temi
Kamis , 04 – 07 2013
Kegiatan
Tim Penyaji
08.00 - 09.00
LMS
M. Temi
09.00 - 10.00
LMS
Deddy Wahyu
10.00 - 11.00
LMS
Deddy Wahyu
11.00 - 12.00
LMS
Deddy Wahyu
12.00 - 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 - 14.00
LMS
Efran Yudia
14.00 - 15.00
LMS
Efran Yudia
15.00 - 15.15
Istirahat
Moderator
15.15 - 17.00
LMS
Efran Yudia
Kamis  23-11-2011
Kegiatan
Tim Penyaji
08.00 - 09.00
LMS
Zulchan afandi
09.00 - 10.00
LMS
Zulchan afandi
10.00 - 11.00
LMS
Zulchan afandi
11.00 - 12.00
LMS
Zulchan afandi
12.00 - 13.00
Ishoma
Panitia
13.00 - 14.00
LMS
Rizka , Dewi
14.00 - 15.00
LMS
Rizka , Dewi
15.00 - 15.15
Istirahat
Panitia
15.15 - 16.45
Penutupan
Panitia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar